Curriculum Vitae
Alif Aqshal
Results oriented Information Technology Education graduate combining technical expertise with project leadership. Experienced in coordinating United Nations Children's Fund (UNICEF) regional programs and executing precision field surveys. Proven ability to manage complex data, troubleshoot networks, and lead diverse teams to achieve operational excellence.
Sedang berjalan
Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
S1 • Pendidikan Teknologi Informasi • IPK 3.2
Juni 2018
SMKS MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU
SMA/SMK • Computer Engineering • Nilai rata-rata: 91
Oktober 2025
SURVEYOR (Project-Based)
PT. Indo Nav Teknologi • Contract Base
• Melaksanakan serangkaian kegiatan pengujian lapangan untuk alat GNSS CHCNAV guna mengevaluasi
performa sinyal.
• Melakukan penugasan survei dan pengumpulan data di berbagai lokasi di Indonesia, termasuk Riau ,
Aceh , Pulau Jawa, dan Pulau Kalimantan
• Bertanggung jawab atas pengumpulan data yang akan digunakan secara eksklusif untuk kepentingan
evaluasi internal performa perangkat keras.
• Memastikan semua data yang diperoleh dikelola sesuai prosedur
Februari 2025
STAF PROTOKOLER
Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (UNIMUDA) • Full Time
• Membantu dalam penyelenggaraan acara resmi universitas seperti wisuda, seminar, dan kunjungan
tamu penting.
• Bertugas sebagai liaison officer (LO) yang memastikan kenyamanan tamu VIP.
• Mengoordinasikan jalannya acara sesuai dengan standar protokol yang telah ditetapkan.
• Bekerja sama dengan tim dokumentasi, keamanan, dan logistik untuk memastikan kelancaran
pelaksanaan acara.
• Menunjukkan kemampuan komunikasi, manajemen waktu, dan kerja sama tim yang baik dalam situasi
yang menuntut.
Oktober 2024
staff representative officer
PT. Komunikologi Indonesia Sejahtera (KOGI) – Unicef • Project Base
• Memimpin persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian Pelatihan Literasi Kelas Awal untuk Guru
PAUD dan SD di kota dan kabupaten Jayapura.
• Mendukung koordinasi dan pengelolaan program literasi di tingkat daerah.
• Berhasil meningkatkan kompetensi literasi siswa melalui eksekusi program yang terstruktur.
• Melakukan desain bahan tayang materi ajar & dokumentasi perihal aktifitas program meliputi
pengambilan gambar dan editing video.
Media
Agustus 2024
Co-Fasilitator Program Literasi Kelas Awal
Dinas Pendidikan Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan • Pekerja Lepas
• Mendampingi fasilitator utama dalam pengelolaan dan pelaksanaan program literasi untuk guru
PAUD.
• Membantu perencanaan dan implementasi modul pembelajaran literasi yang mencakup membaca,
menulis, dan pemahaman dasar.
• Mengamati perkembangan keterampilan literasi siswa dan memberikan umpan balik kepada fasilitator
utama dan guru kelas.
• Melakukan evaluasi berkala untuk menilai efektivitas program serta merekomendasikan perbaikan
yang diperlukan.
• Berinteraksi dengan orang tua dan wali siswa untuk melaporkan kemajuan siswa dan mendorong
partisipasi dalam kegiatan literasi di rumah.
• Mencatat dan melaporkan pencapaian siswa serta mengevaluasi hasil program.
Pencapaian Utama:
• Meningkatkan minat baca siswa melalui metode pembelajaran interaktif.
• Meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan membaca dan menulis secara mandiri.
• Mendukung peningkatan skor literasi di kalangan siswa yang mengikuti program.
November 2023
Evaluator Kompetensi Guru
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarmi, Papua • Project Base
• Melakukan evaluasi terhadap bahan ajar yang disiapkan oleh peserta program "Guru Penggerak" berdasarkan kriteria pedagogis, inovasi, relevansi, dan dampak pembelajaran.
• Menyusun laporan evaluasi dan memberikan rekomendasi untuk peningkatan kualitas pengajaran.
November 2022
Asissten koordinator Distrik jawa timur
LPKIPI (Lembaga Pelatihan dan Konsultan Inovasi Pendidikan Indonesia) - UNICEF (United Nations Children's Fund) • Project Base
• Membantu tugas administrasi koordinator distrik termasuk penyusunan laporan dan tindak lanjut.
• Mendukung administrasi keuangan untuk pengelolaan uang muka dan pengeluaran terkait
kegiatan program.
• Memfasilitasi kegiatan program dan pendampingan di tingkat kabupaten/kota.
Media
Oktober 2022
District Coordinator ROOTS (Bullying Prevention) and Positive Discipline Program in Papua
LPKIPI - UNICEF • Project Base
Memastikan kesiapan daerah sebelum pelaksanaan program dengan berkoordinasi dengan pemangku
kepentingan seperti Dinas Pendidikan, Bappeda, DPRD, Dewan Pendidikan, dan Kementerian Agama.
• Mengkoordinasikan pelaksanaan program pencegahan kekerasan di sekolah.
• Memfasilitasi pelatihan guru dan SOP penanganan kekerasan.
• Berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan lembaga perlindungan anak.
• Menyusun laporan kegiatan, capaian, dan dokumentasi praktik baik.
• Menangani administrasi program, termasuk penyusunan laporan kegiatan, laporan bulanan, triwulanan, dan
laporan akhir.
• Memastikan hasil kegiatan diadopsi menjadi kebijakan daerah dan mengkoordinasikan pelaksanaan serta
pelaporan hasil Rapat Pemangku Kepentingan.
• Mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan mentoring oleh fasilitator daerah.
Media
November 2016
IT suport
PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja • Magang
• Menangani pemecahan masalah jaringan dan memberikan dukungan teknis IT.
• Mengelola data dan menyusun laporan tentang alokasi anggaran sesuai dengan data yang
disepakati.
Media
November 2024
kerangan pernah kerja
lpkipi • -
surat keteran staff alifaqshal
Media
Desember 2022
Prevention of sexual exploitation and abuse (PSEA)
unicef • XsqB9vFIOw
Media
April 2020
microsoft digital literascy
microsoft • -