Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) bersinergi dengan seluruh BUMN di Indonesia untuk dapat memberikan kesempatan magang bagi mahasiswa dan fresh graduate baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri.
Perkenalkan nama saya Dwi Septiani Saputri, biasa dipanggil Dwi. merupakan lulusan baru dari Universitas Bakrie progam studi manajemen. Memiliki pengalaman magang di bidang Marketing, manajemen Strategis dan Operasional.
November 2023
Universitas Bakrie
S1•Manajemen Pemasaran•
IPK 3.54
September 2023 - Desember 2023
Magang
Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo)•Magang
Magang Divisi Operasional
Deskripsi pekerjaan yang saya lakukan adalah membantu staff mulai dari:
• Membuat Minutes of Meeting rapat Divisi Operasional
• Melakukan kegiatan administrasi Divisi Operasional (arsip dan dokumentasi)
• Membuat perekapan Customer Service
• Membuat template untuk Pelayanan Customer Service (Email, telepon, website, dan media sosial)
• Melakukan pengecekan SOP Divisi Operasional
• Melakukan pengecekan PPT Divisi Operasional sebelum disampaikan pada rapat Direksi
Juni 2023 - Agustus 2023
Magang
Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo)•Magang
Magang Divisi Reasuransi
Deskripsi pekerjaan yang saya lakukan adalah membantu staff mulai dari:
• Divisi Reasuransi bagian Fakultatif, tugas utama melibatkan evaluasi risiko, penilaian klaim, dan penentuan polis
reasuransi untuk risiko yang bersifat khusus atau kompleks. Pekerjaan ini melibatkan analisis mendalam terhadap
polis asuransi yang diajukan oleh klien, serta negosiasi syarat-syarat reasuransi dengan perusahaan reasuransi.
Selain itu, juga melibatkan pemantauan portofolio reasuransi dan berkolaborasi dengan tim internal untuk
memastikan kepatuhan dan keseimbangan risiko.
• Melakukan penginput data;
• Melakukan pencetak polis dan mengedit polis pada website internal
Oktober 2022 - Maret 2023
Magang
Perum Peruri•Magang
Membantu research/studi terkait materi perencanaan strategis yang dibutuhkan
• Membantu monitoring pencapaian SI (strategic initiatives) Induk & Anak Perusahaan secara triwulan
• Koordinasi dengan stakeholder internal/eksternal Biro Perencanaan Strategis
• Membuat design dan konten terkait materi perencanaan strategis
• Membantu membuat laporan mingguan (weekly report)
• Membuat Minutes of Meeting rapat strategis Biro
• Melakukan kegiatan administrasi Biro (arsip dan dokumentasi)
• Membuat perekapan dan pengecekan ketersediaan barang Biro perencanaan strategis
September 2022 - Februari 2023
PMMB Batch 2 (Transformasi dan Perencanaan Strategis Perusahaan)
Verified intern of
Perum Percetakan Uang Republik Indonesia•Magang
April 2022 - September 2022
Magang
Bank Mandiri•Magang
Melakukan kegiatan administrasi div TBR terkait (arsip dan dokumentasi) kepada divisi lain.
• Membantu kegiatan dilapangan pada beberapa event untuk memandu proses pembuatan rekening online (Livin) by
Bank Mandiri
• Melakukan perekapan surat dan E-money
• berkordinasi dengan stakeholder internal/eksternal terkait pengambilan E-money dan memastikan jumlahnya
sesuai permintaan
• Membuat Minutes of Meeting rapat Divisi TBR
• Melakukan perekapan Data dan Berkas
• Membantu research/studi terkait merchant/pemilik usaha agar mau bekerja sama dengan Bank Mandiri
• Membantu pengecekan data entry nasabah
Desember 2022
Power Academy (MSIB - Kampus Merdeka)
Power Academy powered by Power Commerce Asia (PT Mitra Semeru Indonesia)•SPDM01002900220029
- Dengan Bagian yang di kerjakan yaitu:
• Mengidentifikasi dan memahami Product Knowledges;
• Menentukan Audience yang mencakup Lokasi yang disasar, usia, jenis kelamin, minat dan kebiasaan;
• Menulis Headline yang Menarik;
• Menentukan Gaya Bahasa dalam berbagai pilihan yaitu explorative,denotative, naratif, imajinatif, argumentative, informatif dan persuasif.
• Storytelling yaitu meliputi AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action) dan STEPPS (Social Currency, Triggers, Emotion, Public, Practical Value dan Stories);
• Menentukan CTA (Call To Action) 6) Melihat Copywriting dari Kompetitor.
Media
Lihat Media
Oktober 2021
Podomoro University (KMMI – Kampus Merdeka)
Universitas Podomoro•"-"
1. Teori pemasaran bagi pengusaha:
- Marketing Challenges, Powerful Marketing Mindset, Storytelling to sell, Media and Opportunities, Networking
2. Teori pemasaran dasar ~ Customer-driven marketing strategy
- Segmentation, Target, Positioning
3. Teori pemasaran dasar: Marketing Mix, Product Differentiation
4. Konteks pemasaran digital dalam strategi pemasaran:
- Think, Create, Engage, and Optimise; Desain perencanaan landing page
5. Pemasaran usaha melalui media sosial dan landing page, Penyusunan rencana membangun landing page untuk
pemasaran media sosial, Persiapan pembuatan dan pengelolaan iklan
6. Pemasaran usaha melalui landing page:
- User Experience Design, Website Development and Design
7. Strategi konten digital: Content Marketing, Content Creation
8. Pengoptimalan mesin pencari dan Iklan Pencarian (Search Engine Optimisation, Search Advertising)
9. Konteks iklan pada sosial media dan strategi mendapatkan keuntungan serta perjalanan pelanggan:
- Perspektif iklan di mata pelanggan, Menjalankan dan memisahkan pengujian
10. Cara mengelola hubungan baik dengan para pelanggan, dan mengumpulkan data pelanggan;
- Customer Relationship Management
11. Kanal penjualan e-commerce, Cara penggunaan platform e-commerce Shopee
12. Rencana pemasaran acara, Desain acara dan keterlibatan teknologi, Perencanaan acara
13. Perilaku Konsumen Dalam Jaringan (online)
14. Menyusun rencana pemasaran acara, Memasukkan hasil observasi ke dalam perencanaan acara