Curriculum Vitae

Marshalena Falihah
Media Social
Saya merupakan Fresh Graduate dari Manajemen Bisnis di Institut Teknologi Bandung. Diperkuliahan, saya mengambil fokus di bidang operasional bisnis sehingga saya memiliki minat karir dibidang tersebut. Selain itu, saat ini saya sedang mempelajari teknologi sebagai penunjang karir profesional seperti Pyton programming yang bisa dimanfaatkan untuk data analysis. Bagi saya, pekerjaan tidak hanya berorientasi pada hasil, tetapi juga bagaimana setiap prosesnya yang dilewati sebagai pembelajaran untuk pengembangan langkah selanjutnya.
September 2025
Institut Teknologi Bandung
S1 • Manajemen Bisnis • IPK 3.52
Januari 2025 - September 2025
Co-Founder
Charmigos (Female Accessories) • Project Base
Mengelola seluruh proses operasional di Charmigos (Aksesori Wanita). Menangani lebih dari 100 item produk, pengendalian inventori, dan ketersediaan stok. Mengoptimalkan operasi supply chain dan logistik untuk lebih dari 30 paket per hari. Meningkatkan target penjualan mingguan sebesar 30% dengan memanfaatkan iklan TikTok (live dan posting) yang dikombinasikan dengan manajemen penjualan menggunakan Microsoft Excel sebagai tools ERP sederhana
Januari 2025 - Januari 2025
Consultant Group Project
CV Cakra Karya Teknik • Project Base
Menganalisis core problem yang dihadapi oleh perusahaan hingga mendapatkan solusi untuk pengembangan Industri 4.0 di CV Cakra Karya Teknik (perusahaan manufaktur). Merancang sistem ERP (Enterprise Resource Planning) untuk mengintegrasikan berbagai proses bisnis. Membuat prototipe fungsional menggunakan Figma. Menyajikan desain aplikasi web untuk menyatukan empat proses utama (inventori, produksi, pengiriman, dan pembayaran) dalam satu platform.
September 2024 - Desember 2024
Project Control
PT Len Industri (Persero) • Magang
Selama menjadi Project Control Intern di PT Len Industri (Perusahaan Pertahanan) saya mengelola 13 proyek dengan jadwal, aktivitas, dan kebutuhan yang beragam. Tugas utama saya adalah memperbarui progres proyek setiap bulan dengan mengumpulkan dan mengolah data terkini dari setiap divisi, lalu merangkumnya menjadi laporan progres bulanan yang sistematis untuk memudahkan manajemen memantau perkembangan proyek secara real time.
Saya juga menyusun daftar aktivitas proyek dari tahap perencanaan hingga eksekusi agar setiap anggota tim memahami peran dan tenggat waktu masing-masing, sehingga mengurangi keterlambatan dan meningkatkan koordinasi lintas fungsi. Selain itu saya memantau setiap item proyek yang masuk dan keluar untuk memastikan ketersediaan material, menghindari kekurangan stok, dan menjaga akurasi data inventaris.
Pengalaman ini memperkuat kemampuan saya dalam manajemen proyek, pengelolaan data, pengendalian persediaan, dan koordinasi antar-departemen serta mempersiapkan saya untuk berkontribusi lebih jauh di bidang pengembangan organisasi, manajemen operasi, dan pengolahan data di lingkungan profesional.
Media
Januari 2024 - Januari 2024
Consultant Group Project
Mavens Studio • Project Base
Menganalisis core problem yang dihadapi oleh mavens studio hingga memberikan solusi berupa kompensasi berbasis kinerja untuk Mavens Studio (agensi kreatif). Mengevaluasi model bisnis sebelumnya, mengembangkan proses bisnis yang optimal, serta merancang metrik KPI karyawan untuk 70 karyawan di 20 posisi berbeda.
Desember 2023 - April 2025
Co-Founder (sales analyst)
Scentsekerta Project • Project Base
Membangun bisnis untuk project kampus berupa parfum antibacteria. Mengelola 3 vandor penyedia botol, packaging, dan cairan parfum sekaligus kontrol kualitas. Selain itu, analisis permintaan pasar sangat penting untuk kesuksesan project ini, mulai dari lokasi pemasaran, teknik pemasaran, target customer, dan penentuan harga. Sebagai hasil, project ini mampu merain BEP dalam waktu 4 bulan penjualan
Agustus 2025
Business Analysis Fundamentals
Microsoft • https://coursera.org/verify/F5G3UW9OBX52
Mengikuti program pelatihan intensif selama satu bulan yang diselenggarakan oleh Microsoft mengenai dasar-dasar Business Analysis. Materi meliputi peran dan tanggung jawab Business Analyst, teknik identifikasi kebutuhan bisnis, pemetaan proses, pengumpulan & analisis data, penyusunan requirement document, hingga penggunaan tools pendukung Microsoft (seperti Excel, Power BI, atau Visio) untuk mendukung analisis bisnis. Program ini memberi pemahaman menyeluruh dan keterampilan praktis untuk menerapkan metode analisis bisnis secara profesional.
Media
November 2024
Sales Marketing Fundamental
MySkill • 202198/BDM/LM/11/2024
Mengikuti pelatihan intensif selama 2 hari yang membahas dasar-dasar penjualan dan pemasaran. Materi meliputi pemahaman konsep sales vs marketing, teknik prospecting dan komunikasi, strategi pemasaran berbasis target pasar, serta penyusunan value proposition dan product positioning. Melalui sesi interaktif dan studi kasus, saya mendapatkan wawasan praktis dan keterampilan dasar untuk mengembangkan strategi penjualan dan pemasaran secara lebih efektif.
Media
September 2023
Futurest Business Case Competition 2023
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya • -
Semi-finalis Kompetisi Business Case yang diselenggarakan oleh “Futurest” pada tahun 2023. Berhasil masuk sebagai 50% tim teratas pada tahap semi-final. Studi kasus yang diangkat adalah tentang bisnis sepeda motor listrik Gesits, yaitu bagaimana mendorong pengguna sepeda motor berbahan bakar bensin beralih ke sepeda motor listrik.