Tentang MAGENTA

Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) bersinergi dengan seluruh BUMN di Indonesia untuk dapat memberikan kesempatan magang bagi mahasiswa dan fresh graduate baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri.

Selengkapnya

Seleksi dan Penerimaan

Cara Melihat Status Pendaftaran
Curriculum Vitae

Muhammad Ricoasmara

Muhammad Ricoasmara

Kota Adm. Jakarta Selatan
Terakhir login 1 minggu yang lalu

Saya Muhammad Ricoasmara, saya lulusan informatika universitas Gunadarma dengan IPK 3.53. memiliki ketertarikan pada dunia pengembangan teknologi mobile engineering dan pengembangan website. memiliki kemampuan berkomunikasi, meneliti, bekerja sama da

Agustus 2023
Universitas Gunadarma

S1 Informatika IPK 3.53

Februari 2024 - Agustus 2024
Staf Magang IT - FHCI
Verified intern of Logo Magenta

Forum Human Capital Indonesia Magang


Juli 2023 - Desember 2023
mobile engineering

Generasi Gigih 3.0 Goto Impact Foundation Organisasi

Mobile Engineering Student
• Menjadi peserta terpilih dari generasi gigih 3.0 oleh Goto dari 10% siswa terbaik yang berhasil lolos di antara 5.800 peserta se-Indonesia
• Membuat tugas akhir informasi tentang kebencanaan di Indonesia dengan API
• Membuat Project Capstone bertema kesehatan dengan nama Aplikasi "Sahabat Sehat" yang terintegrasi dengan API


Agustus 2022 - Desember 2022
Study Independen

Dicoding Indonesia Organisasi

Android Development Learning Path
• Secara aktif mengeksplorasi Dicoding pengembangan android dan berpartisipasi dalam sesi teknis online
• Mengikuti serangkaian studi tentang modul pengembangan android pemula-mendasar- menengah
• Berkoordinasi dalam mengerjakan proyek capstone dengan tim menggunakan bahasa pemrograman kotlin

Desember 2023
Memulai Pemprograman dengan Kotlin

Dicoding Indonesia 81P27GKV8ZOY

1.Pendahuluan : Memperkenalkan sejarah Kotlin, mengapa harus mempelajari Kotlin, karakteristik Kotlin, dan bagaimana Kotlin berperan dalam
pengembangan aplikasi. Akan dibahas juga tentang ekosistem Kotlin. (4 jam 30 menit)

2.Persiapan Membangun dan Menjalankan Program Kotlin : Membuat program pertama di Kotlin dan menjalankannya. Selain itu, Anda akan belajar
bagaimana menyiapkan dan menginstal beberapa tools seperti IDE dan build tools. Materi ini akan fokus pada penggunaan Gradle sebagai build tools
dan menggunakan Kotlin DSL sebagai bahasa pada Gradle. Selain itu, pada materi ini akan membahas tentang struktur Gradle, cara menambahkan


Media
Lihat Media

September 2023
Belajar Dasar UX Design

Dicoding Indonesia 07Z6G475MXQR

Kelas ini ditujukan untuk pemula yang ingin mempelajari dasar-dasar UX beserta detail prosesnya dengan mengacu pada framework Design Thinking. Di akhir
kelas, siswa dapat membuat sebuah portofolio berupa UX case study yang berisi keseluruhan proses, mulai dari mencari permasalahan pengguna,
mendefinisikan masalah, melakukan eksplorasi, membuat prototype, sampai menguji cobanya.
Materi yang dipelajari:
Konsep Dasar UX (User Experience) Design : Memahami konsep dasar UX Design dan faktor yang mempengaruhinya, serta memahami proses desain
dengan menggunakan pendekatan Design Thinking. (1 jam 15 menit)
Empathize, Define, & Ideate : Memahami bagaimana cara untuk mengetahui masalah utama (pain point) pengguna dengan membuat Empathy Map,
User Persona, dan User Journey Map. Dilanjutkan dengan mendefinisikan masalah dalam Problem Statement dan melakukan eksplorasi untuk mencari
solusi dengan menggunakan metode How Might We (HMW) dan Crazy Eight. (4 jam 5 menit)
Storyboard dan Wireframe : Mendefinisikan solusi dalam bentuk Goal Statement dan mengetahui cara membuat rancangan desain dengan membuat
User Flow, Storyboard, dan Wireframe. (4 jam)
High-Fidelity Prototype : Memahami cara membuat Mockup dan High-Fidelity Prototype yang menarik dan interaktif dengan menerapkan prinsip desain
visual. (4 jam 30 menit)
UX Research dan Dokumentasi : Merencanakan dan melakukan usability study, mengidentifikasi insight, memodifikasi desain berdasarkan hasil riset,
dan membagikan hasil desain kepada tim. (3 jam)
Evaluasi pembelajaran:
Ujian akhir kelas
Submission (proyek akhir) membuat portofolio berupa UX case study yang berisi keseluruhan proses, mulai dari mencari permasalahan pengguna,
mendefinisikan masalah, melakukan eksplorasi, membuat prototype, sampai menguji cobanya.


Media
Lihat Media

Desember 2022
Belajar Pengembangan Aplikasi Android Intermediate

Dicoding Indonesia 07Z6G475MXQR

Kelas ini ditujukan bagi Android Developer yang ingin meningkatkan skillnya untuk membuat aplikasi dengan mempelajari berbagai macam komponen
Advance. Di akhir kelas, siswa dapat membuat aplikasi dengan menerapkan komponen yang sudah dipelajari.
Materi yang dipelajari:
Advanced UI : Memahami bagaimana meningkatkan pengalaman pengguna dengan menggunakan Custom View, Widget, dan WebView. (11 jam 50
menit)
Animation : Memahami bagaimana cara membuat animasi, baik menggunakan Properti Animation maupun Motion Layout. (8 jam 10 menit)
Localization & Accessibility : Memahami bagaimana menjangkau lebih banyak pengguna dengan menerapkan Localization untuk mendukung multibahasa dan Accessibility untuk mendukung pengguna berkebutuhan khusus. (11 jam 35 menit)
Service : Memahami bagaimana Service berjalan untuk melakukan suatu aksi di Background Thread. (5 jam 20 menit)
Media : Memahami cara mengelola media, baik berupa audio, video, maupun gambar dan mengunggahnya ke server dengan menggunakan Multipart.
(13 jam 10 menit)
Geo Location : Memahami bagaimana menampilkan peta/maps menggunakan Google Maps API, mendapatkan posisi pengguna (latitude dan longitude)
menggunakan Location Service serta mendapatkan informasi menari dari radius dan posisi tertentu menggunakan Geofences. (7 jam 20 menit)
Advanced Testing : Mengetahui berbagai pendekatan dalam menguji aplikasi, baik secara unit testing menggunakan Test Double, maupun ui testing
menggunakan Idling Resource maupun MockWebServer. (7 jam 30 menit)
Advanced Database : Memahami bagaimana cara melakukan pengujian untuk berbagai komponen Architecture Component dengan menggunakan TDD
dan Test Double. (9 jam 50 menit)
Firebase : Memahami berbagai layanan Firebase yang biasa digunakan, seperti Authentication, Realtime Database, serta Firebase Cloud Messaging/FCM
(3 jam).


Media
Lihat Media

Oktober 2022
Belajar Fundamental Aplikasi Android

Dicoding Indonesia JLX1LD34NX72

Kelas ditujukan bagi developer yang ingin belajar fundamental pembuatan aplikasi Android, seperti networking dan database, dengan mengacu pada standar
kompetensi internasional milik Google Developers Authorized Training Partner. Di akhir kelas, siswa dapat membuat membuat aplikasi yang dapat mengambil
data dari Web API dan menyimpan data favorit menggunakan database lokal.


Media
Lihat Media
Hard Skills:
Desain Grafis
Network & Security
Software Development

Soft Skills:
Collaboration
Komunikasi
Commitment
Discipline
Critical thinking
Problem Solving
Teamwork