Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) bersinergi dengan seluruh BUMN di Indonesia untuk dapat memberikan kesempatan magang bagi mahasiswa dan fresh graduate baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri.
Sebagai seorang mahasiswa ilmu politik, saya memiliki minat yang besar pada isu-isu sosial-politik serta bidang komunikasi. Saya memiliki beragam pengalaman sebagai peneliti, analisa kebijakan, design, dan sertifikasi social media development.
Sedang berjalan
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
S1•Ilmu Politik•
IPK 3.62
Oktober 2024 - Maret 2025
Marketing - Jakarta
Verified intern of
PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk•Magang
Maret 2023 - Juni 2024
Peneliti dan Pengelola Sosial Media
Sindikasi Pemilu & Demokrasi•Magang
Selama magang, saya aktif dalam membuat dan mengedit konten yang menarik untuk menjelajahi isu-isu pemerintahan dan politik guna terhubung dengan audiens. Saya juga bertanggung jawab dalam mengelola dan meningkatkan keterlibatan media sosial, mencapai pertumbuhan yang signifikan di platform seperti Instagram dan TikTok. Selain itu, saya mengubah berita politik menjadi format yang mudah dipahami untuk meningkatkan pemahaman. Saya juga menganalisis hubungan antara penyebaran informasi, politik, media baru, dan pembuatan kebijakan. Selama magang, saya selalu mengikuti perkembangan dan tren dalam lingkup politik serta melakukan penelitian tentang pemilu dan demokrasi, serta menyusun laporan yang informatif untuk meningkatkan perencanaan strategis.
November 2022 - Januari 2023
Peneliti
Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan•Magang
Selama magang, saya terlibat dalam berbagai kegiatan yang mendalam dan bervariasi. Salah satunya adalah melakukan analisis mendalam terhadap jumlah korban kekerasan seksual, dengan fokus khusus pada situasi di Papua. Saya juga dilibatkan dalam meninjau dan menganalisis studi terkait Femisida (pembunuhan terhadap perempuan karena gender) dan KBSE (Cyber Sexual Harassment), untuk memahami lebih baik tantangan yang dihadapi oleh perempuan terkait kekerasan dan pelecehan seksual. Selain itu, saya memiliki kesempatan untuk menulis artikel ilmiah yang relevan dengan isu-isu penting, seperti Women and Climate Change serta Women and Elections, yang memberikan wawasan mendalam tentang peran perempuan dalam konteks lingkungan dan proses politik. Saya juga diberikan kesempatan untuk membuat infografis untuk sosial media dari hasil kajian yang dilakukan oleh komnas perempuan. Pengalaman magang ini memperluas pemahaman saya tentang isu-isu gender dan memberi saya keterampilan analisis dan penulisan yang berharga.
Januari 2022 - Desember 2022
Staff Desain dan Inovasi
BEM UPN "Veteran" Jakarta•Organisasi
Selama magang, saya bertanggung jawab untuk mengembangkan desain template untuk konten Instagram. Saya juga terlibat dalam merancang dan menciptakan proposal kreatif untuk tujuan kemitraan dan kolaborasi BEM UPNVJ dengan pihak internal dan eksternal. Selain itu, saya juga menyiapkan dan mendesain pamflet pemasaran untuk beberapa proyek tahunan BEM UPNVJ. Dalam peran ini, saya belajar bagaimana menggabungkan kreativitas dengan kebutuhan praktis organisasi untuk mencapai tujuan pemasaran dan kemitraan yang efektif.
Maret 2020 - Desember 2021
Social Media Specialist
Unsscripted Creative Media•Organisasi
saya bertanggung jawab merencanakan, membuat, dan memposting 5-7 konten setiap minggunya, dengan tujuan memastikan kehadiran online yang kuat. Saya berhasil meningkatkan tingkat keterlibatan sebesar 45% di platform seperti Instagram dan TikTok, serta menambah jumlah pengikut sebanyak 30% dalam waktu tiga bulan. Saya juga mampu mengadaptasi konten berorientasi berita menjadi materi interaktif yang menarik, dirancang untuk memikat audiens target. Selain itu, saya membuat laporan bulanan yang informatif untuk mengukur kinerja konten.
Juli 2023
Social Media Marketing Certification
My skill•MS-28/7/2023-6037
Meningkatkan keahlian dalam pemasaran media sosial, dengan fokus pada perencanaan konten dan strategi, serta kampanye media sosial yang efektif. Mengembangkan keterampilan dalam analisis riset untuk pemasaran media sosial menilai kinerja kampanye, dan merancang strategi masa depan. Terbiasa membuat laporan untuk mengevaluasi dan menyajikan kemajuan dan keberhasilan kampanye, sambil terus menjelajahi tren terbaru dalam pemasaran media sosial.