Curriculum Vitae

Nur Afifah Ajeng Pratiwi
Saya adalah lulusan Diploma 3 Administrasi Perkantoran dan saat ini sedang melanjutkan pendidikan S1 Ilmu Administrasi Negara. Saya memiliki pengalaman sebagai Pengolah Remunerasi dan Fasilitas SDM di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, dengan keahlian dalam pengelolaan data, administrasi SDM, serta manajemen dokumen. Saya menguasai Microsoft Office, Google Workspace, HRIS, serta terampil dalam pengarsipan, manajemen dokumen, dan data entry. Selain itu, saya memiliki soft skill berupa ketelitian, manajemen waktu, komunikasi efektif, kerja sama tim, dan problem solving. Saya juga memiliki ketertarikan untuk berkarier di bidang general affairs, mendukung kelancaran operasional organisasi.
Sedang berjalan
Universitas Terbuka
S1 • Ilmu Administrasi Negara • IPK 3.39
Agustus 2022
Universitas Bina Sarana Informatika Depok
D3 • Administrasi Perkantoran • IPK 3.77
Februari 2025 - Juni 2025
Pengolah Remunerasi dan Fasilitas SDM
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia • Pekerja Lepas
- Membuat rekapitulasi presensi dosen untuk kebutuhan pelaporan kehadiran dan evaluasi kinerja akademik secara berkala.
- Menginput data dosen pembimbing dan penguji ke dalam sistem HRIS UI dengan cermat untuk mendukung kelancaran proses akademik dan administrasi kampus.
- Membuat pengajuan honor magang dan konbor secara akurat untuk memastikan kelancaran proses pembayaran dan transparansi keuangan.
- Membuat rekap pengajuan reimburse langganan parkir pegawai, guna memastikan ketertiban administrasi dan pencairan biaya secara tepat waktu
Februari 2024 - Agustus 2024
Finance Officer
PT Prima Armada Raya (PAR) • Magang
- Membuat voucher permohonan pembayaran angsuran leasing setiap bulan menggunakan sistem SAP untuk memastikan proses administrasi berjalan lancar dan tepat waktu.
- Menginput dan memverifikasi data nilai kontrak leasing secara akurat untuk memastikan kesesuaian informasi antara dokumen fisik dan sistem, serta mendukung kelancaran proses administrasi keuangan.
- Memproses dan memindai invoice bulanan secara akurat, serta mengarsipkan dokumen dengan sistematis untuk memastikan keteraturan, kemudahan akses, dan kesiapan dalam audit keuangan.
Media
Januari 2024 - April 2024
Administration And Finance
Volunteer IDEAL (Indonesian Development Education and Leadership) • Organisasi
- Menyusun dan mengelola surat-menyurat resmi untuk mendukung komunikasi internal dan eksternal organisasi secara efektif, profesional, dan sesuai standar administrasi.
- Bertanggung jawab atas penyusunan berbagai dokumen administrasi termasuk formulir, proposal, dan perjanjian dengan ketelitian tinggi terhadap format, isi, dan kesesuaian kebutuhan.
- Berperan aktif dalam proses penyusunan dan verifikasi laporan keuangan guna memastikan akurasi, konsistensi data, serta kepatuhan terhadap prinsip pelaporan yang dapat dipertanggungjawabkan
Media

November 2023 - Maret 2024
Administration and Finance Associate
PT Tumbuh Global Indonesia • Magang
- Menerima, menyusun, dan mengarsipkan seluruh dokumen administrasi perusahaan secara sistematis untuk memastikan ketersediaan informasi yang tertata rapi dan mudah diakses, baik untuk keperluan internal maupun eksternal.
- Mencatat, memvalidasi, dan mengarsipkan seluruh transaksi keuangan beserta bukti pendukungnya untuk keperluan pelaporan keuangan secara transparan.
Media
Juli 2023 - Oktober 2023
Admin Project Officer
Yayasan Kitong Bisa • Magang
- Mengumpulkan, mengelola, dan menyimpan seluruh dokumen proyek seperti proposal, laporan, kontrak, dan dokumentasi penting lainnya secara terorganisir untuk memastikan kelancaran akses dan keberlangsungan proyek.
- Menyusun Surat Perjalanan Dinas setiap bulan, lengkap dengan rincian tujuan, tanggal, dan keperluan perjalanan untuk mendukung mobilitas tim proyek.
- Menyusun laporan status proyek secara rutin melalui Trello, dengan memperbarui jadwal dan capaian hasil untuk memastikan pemantauan progres proyek berlangsung akurat dan real-time.
Media

April 2023 - Juli 2023
Sekretaris
Volunteer Develophilia • Organisasi
- Menyusun dan mendistribusikan berbagai surat resmi terkait event, seperti surat undangan, konfirmasi, hingga pengumuman, secara tepat waktu dan sesuai standar komunikasi organisasi.
- Mengelola korespondensi internal organisasi secara sistematis, mencakup surat perintah, penerimaan atau pengeluaran volunteer, dan dokumen internal lainnya untuk memastikan ketertiban administrasi.
- Mengembangkan dan menyempurnakan sistem pengarsipan dokumen yang efisien dan terstruktur guna mempercepat akses, menjaga keamanan, serta mendukung kelancaran operasional administrasi.
Media
Oktober 2022 - Januari 2023
Sekretaris
Volunteer Peduli Bahasa • Organisasi
- Mengelola seluruh dokumen administrasi termasuk formulir, korespondensi, Terms of Reference, proposal, Memorandum of Understanding, dan Laporan Pertanggungjawaban secara sistematis untuk memastikan kelancaran akses dan keberlanjutan proyek.
- Mencatat secara rinci hasil diskusi, keputusan, dan tindak lanjut rapat untuk memastikan seluruh pihak memperoleh informasi yang jelas, terdokumentasi, dan mudah ditindaklanjuti.
- Merancang dan menerapkan sistem kearsipan yang efisien dan terstruktur untuk menjamin kemudahan akses, keamanan, dan keteraturan dokumen penting organisasi.
Media
Mei 2022 - Juni 2022
Pengadaan dan Pemeliharaan
PT TASPEN (Persero) • Magang
- Memantau dan mengelola inventaris kantor secara berkala, serta memastikan ketersediaan dan pengendalian stok secara efisien untuk mendukung kelancaran operasional harian.
- Menginput dan memproses data gudang secara akurat sebagai dasar penyusunan laporan tahunan yang mendukung efisiensi operasional dan pengambilan keputusan strategis.
Desember 2023
Mahir Microsoft Excel & Spreadsheet Tanpa Hafal Rumus
Talenthub Indo • 13/29/TH/TC/XI/2023
Media
Agustus 2022
Sertifikasi Kompetensi Office Executive Administrative Assistant
Badan Nasional Sertifikasi Profesi • 82110334300000652022
Media
April 2021
Zahir User Certified
PT Zahir Internasional • Z00000000000033343
Mempraktikkan dan mempelajari tentang software akuntansi seperti kebutuhan invoice, inventory, pembukuan hingga laporan keuangan bisnis