Curriculum Vitae

Diaz Putra Pratama

Diaz Putra Pratama

Kota Adm. Jakarta Selatan
Terakhir login 5 jam yang lalu

Media Social

Saya Diaz Putra Pratama, mahasiswa semester 7 Program Studi S.Tr. Manajemen dan Administrasi Logistik Universitas Diponegoro. Saya memiliki minat yang mendalam dalam dunia logistik, supply chain management, warehousing, inventory control, administration dan procurement. Minat tersebut saya asah dengan penguasaan teori di dalam ruang kelas, proyek pengabdian kepada masyarakat, dan juga pengalaman praktik kerja/magang yang telah saya ikuti di beberapa instansi ataupun perusahaan. Beberapa hal tersebut membuat saya yakin dan percaya kemampuan tersebut dapat membentuk pribadi profesional di dunia kerja.

Sedang berjalan
Universitas Diponegoro

D4 Manajemen dan Administrasi Logistik IPK 3.96

Juli 2025 - Oktober 2025
Staf Magang Fungsi Procurement

PT Kilang Pertamina Internasional Magang

- Menyusun notulensi rapat (pre-bid meeting) serta mendokumentasikan hasil diskusi antara panitia pengadaan dan calon vendor.
- Membantu proses penerimaan dan penyimpanan barang di gudang sesuai prosedur operasional perusahaan.
- Melakukan physical check terhadap barang yang diterima untuk memastikan kesesuaian spesifikasi, jumlah, dan kondisi dengan dokumen pengadaan.
- Ikut serta membantu kegiatan stock opname dan pencatatan hasil pemeriksaan barang.
- Mendukung penerapan prinsip 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) di area pergudangan guna menjaga efisiensi dan keselamatan kerja.
- Melakukan proses pengelompokkan data material maintenance slow moving periode 2021–2025 untuk mempermudah analisis dan pengendalian persediaan.
- Melakukan proses pengelompokkan data material maintenance gasket spiral wound untuk menganalisis ada atau tidaknya duplikasi KIMAP.


Januari 2025 - Juni 2025
Staf Magang Penataan Pergudangan Biro Pengelolaan Istana

Kementerian Sekretariat Negara - Sekretariat Presiden Magang

- Membantu penataan dan penyusunan barang di gudang sesuai kategori dan standar keamanan.
- Membantu melakukan pencatatan barang masuk dan keluar dalam sistem inventaris.
- Menyiapkan dokumen administrasi distribusi (seperti surat jalan dan tanda terima).


Agustus 2024 - Agustus 2024
Staf Magang Bagian Pengadaan Barang dan Jasa

Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Ngawi Magang

- Membantu mengumpulkan data dan informasi terkait kebutuhan barang dan jasa di lingkungan pemerintahan Kabupaten Ngawi.
- Membantu menyiapkan dan mengelola dokumen pengadaan, termasuk permintaan penawaran dan kontrak, serta berkoordinasi dengan pihak terkait.
- Membantu memantau proses pengiriman barang dan jasa serta melakukan evaluasi untuk memastikan kepatuhan terhadap standar kualitas dan waktu yang ditetapkan.


Media
Lihat Media

Januari 2024 - Desember 2024
Anggota Unit Inspektorat

BEM Universitas Diponegoro Organisasi

- Berpartisipasi dalam penyusunan standar dan prosedur operasional untuk memastikan kualitas dan keberlanjutan organisasi BEM.
- Menyusun laporan audit yang komprehensif dan memberikan rekomendasi perbaikan yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi.
- Memberikan konsultasi dan pembinaan kepada Bidang Lingkungan Hidup untuk
memastikan implementasi rekomendasi dan perbaikan yang diusulkan.


Media
Lihat Media

Januari 2023 - Desember 2023
Staf Bidang Lingkungan Hidup

BEM Universitas Diponegoro Organisasi

- Bertanggung jawab dalam menyusun program dan kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup di lingkungan kampus.
- Mengembangkan materi edukasi dan kampanye untuk mengedukasi mahasiswa dan
masyarakat sekitar tentang praktik berkelanjutan dan perlindungan lingkungan.
- Berinteraksi dengan pihak eksternal seperti LSM, instansi pemerintah, dan perusahaan untuk mendukung dan mengimplementasikan program-program lingkungan.


Media
Lihat Media
Mei 2025
Sertifikat Kompetensi Bidang Logistik dengan Kualifikasi Logistics Administratif Officer

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) 52101 1324 0 0005523 2025

Sertifikat Kompetensi ini diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang terlisensi BNSP kepada individu yang telah dinyatakan kompeten berdasarkan SKKNI bidang logistik. Pemegang sertifikat memiliki kemampuan dalam mengelola dokumen logistik, pencatatan dan pengarsipan data, koordinasi distribusi, pemantauan persediaan, serta pengoperasian sistem logistik. Sertifikat ini menjadi bukti pengakuan profesional atas kompetensi di bidangadministrasi logistik yang diakui secara nasional.


Media
Lihat Media

Desember 2024
Sertifikat Kompetensi Bidang Perdaganagn Besar Berbagai Macam Barang dengan Kualifikasi Pengembangan Pasar Ekspor

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) 46900 1420 0 0000247 2024

Sertifikasi Kompetensi Pengembangan Pasar Ekspor membuktikan kemampuan individu dalam riset pasar, pemenuhan persyaratan akses pasar, pemilihan saluran distribusi, promosi ekspor, korespondensi, negosiasi, dan pembangunan kontak dagang untuk mendukung kegiatan ekspor-impor secara efektif.


Media
Lihat Media

Mei 2024
Penanganan Barang untuk Pergudangan

skillacademy-by Ruangguru GSZWNJ9GQVEVF6

Pelatihan ini berfokus pada pengembangan kompetensi logistik sesuai dengan SKKNI Logistik Nomor 94 Tahun 2019, meliputi kegiatan seperti melakukan isi ulang stok, menerima dan menyimpan barang, memindahkan barang/muatan menggunakan metode manual, serta memastikan keamanan prosedur penanganan barang. Selain itu, pelatihan mencakup pengelolaan dokumen impor/ekspor, memantau fasilitas penyimpanan, hingga merekrut dan mengelola staf pergudangan. Kegiatan ini memberikan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis untuk mendukung efisiensi operasional gudang dan rantai pasok secara profesional.


Media
Lihat Media
Juni 2024
Sertifikat Kepersetaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan - Pusat Pelaksana Kampus Merdeka 1733155888288

Mengikuti program Studi Independen Bersertifikat Sekolah Ekspor Lacorre memberikan pengalaman mendalam dalam memahami proses ekspor dari hulu ke hilir, termasuk regulasi internasional, prosedur pengiriman, serta strategi pemasaran global. Selama program, saya aktif mempelajari dan mempraktikkan manajemen logistik internasional, pengurusan dokumen ekspor, serta analisis pasar ekspor untuk produk UMKM Indonesia. Selain itu, program ini melibatkan pelatihan intensif mengenai pengembangan jejaring bisnis global dan penggunaan teknologi digital untuk optimalisasi ekspor. Dengan menyelesaikan program ini, saya tidak hanya mendapatkan sertifikasi yang diakui, tetapi juga kemampuan praktis untuk membantu UMKM lokal masuk ke pasar internasional secara kompetitif.


Media
Lihat Media
Hard Skills:
Analisa Data
Administrator Basis Data
Penyuntingan
Keterampilan Kepemimpinan
Pemasaran
Manajemen Proyek

Soft Skills:
Adaptif
Komitmen
Disiplin
Penyelesaian masalah
Kerjasama Tim