Kebijakan Privasi MAGENTA

Pembaruan pada 2 Oktober 2025

Kebijakan Privasi

PT Masadepan Indonesia Digital ("Perusahaan", "kami", "kita") adalah perusahaan Indonesia yang menyediakan platform layanan penempatan pekerjaan (job portal) baik untuk pemagangan maupun hal lainnya, dan layanan lainnya (selanjutnya disebut "Layanan"). Kebijakan Privasi ini akan menjelaskan bagaimana organisasi kami menggunakan data pribadi yang kami proses dari Anda saat Anda menggunakan Layanan kami. Kebijakan Privasi ini merupakan bagian integral dari TOS kami, dan semua referensi yang dibuat di dalamnya akan berlaku dalam Kebijakan Privasi ini, kecuali dinyatakan lain.

Topik:

  • Data apa yang kami kumpulkan?
  • Bagaimana kami mengumpulkan data Anda?
  • Bagaimana kami akan menggunakan data Anda? (Tujuan)
  • Bagaimana kita menyimpan data Anda?
  • Pemasaran
  • Apa hak perlindungan data Anda?
  • Apa itu cookie?
  • Bagaimana kami menggunakan cookie?
  • Jenis cookie apa yang kami gunakan?
  • Bagaimana mengelola cookie Anda
  • Kebijakan privasi situs web lain
  • Perubahan pada kebijakan privasi kami
  • Cara menghubungi kami
  • Cara menghubungi otoritas terkait

Data apa yang kami kumpulkan?

Kami menghormati privasi Anda dan berkomitmen untuk mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Agar kami dapat memberikan layanan terbaik kepada Anda, Perusahaan kami mengumpulkan data pribadi sebagai berikut:

  • Informasi pribadi – saat Anda menggunakan Layanan, kami akan mengumpulkan informasi yang mengidentifikasikan atau dapat digunakan untuk mengidentifikasi, menghubungi, atau menemukan orang atau perangkat yang terkait dengan informasi tersebut (“Informasi Pribadi”). Informasi Pribadi yang kami kumpulkan dan/atau proses termasuk: nama lengkap, alamat email, nomor telepon, informasi identitas resmi, dokumen kesehatan, dokumen dan riwayat hidup/pendidikan/pekerjaan, jenis kelamin, informasi bank (nama, nomor rekening, dan bank), riwayat pengajuan/aplikasi pada Layanan, alamat protokol internet (IP) Anda. Ini digunakan untuk memungkinkan Anda untuk menggunakan Layanan, dimana pengumpulan Informasi Pribadi tersebut ada yang bersifat situasional tergantung Layanan yang anda gunakan, dan ada yang bersifat wajib apabila Anda ingin menggunakan Layanan kami.
  • Cookies dan data teknis – Setiap Anda mengakses atau menggunakan Layanan Kami, termasuk website Kami, Kami mungkin mengumpulkan sejumlah data teknis terkait aktivitas Anda, seperti alamat protokol internet (IP), lama waktu kunjungan atau sesi, identitas perangkat internet, serta informasi mengenai merek, model, dan sistem operasi perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses website Kami. Kebijakan cookies kami jelaskan pada bagian bawah ini.
  • Pernyataan persetujuan – selama penggunaan Layanan, Anda akan diminta untuk menunjukkan persetujuan Anda terhadap Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi ini. Kami diwajibkan oleh hukum untuk menyimpan pernyataan persetujuan Anda.
  • Permintaan dukungan – kami akan menyimpan permintaan atau pertanyaan yang Anda buat kepada tim dukungan kami, termasuk permintaan Anda untuk menggunakan hak yang termasuk dalam Kebijakan Privasi ini dan laporan bug. Penyedia layanan dukungan pelanggan live chat pihak ketiga kami, jika berlaku, dapat meminta informasi identifikasi tambahan, tetapi Anda dapat memilih saluran lain untuk menghubungi kami (seperti formulir umpan balik (feedback) dalam aplikasi kami, email, atau platform media sosial) jika Anda memilih untuk melakukannya.

(selanjutnya disebut "Data yang Dikumpulkan").

Bagaimana kami mengumpulkan data Anda?

Anda secara langsung memberikan kepada Perusahaan kami sebagian besar data yang kami kumpulkan. Kami mengumpulkan data dan memproses data ketika Anda:

  • Telah melakukan pemrosesan melalu Layanan kami melalui platform kami.
  • Menggunakan Layanan, dengan menggunakan fitur apa pun di Aplikasi.
  • Mengunjungi platform, Aplikasi, laman website Kami.

Bagaimana kami akan menggunakan data Anda? (Tujuan) Data yang Dikumpulkan diperlukan bagi kami untuk memberi Anda kemudahan dalam memroses dokumen Anda. Perusahaan kami mengumpulkan data Anda sehingga kami dapat:

  • Menyediakan Layanan kepada Anda, termasuk pembagian Data Yang Dikumpulkan (dalam komposisi apapun, termasuk yang berhubungan dengan pelaksanaan Layanan) kepada Perusahaan Terdaftar
  • Patuh terhadap ketentuan yang berlaku, termasuk perihal pelindungan data pribadi dan menanggapi permintaan penegakan hukum
  • Mendeteksi aktivitas yang melanggar ketentuan yang berlaku, termasuk kejahatan atau penipuan apa pun.
  • Pemantauan infrastruktur Layanan kami.
  • Meningkatkan layanan dan pengalaman pelanggan melalui tujuan analitis.
  • Mengirimi Anda komunikasi dengan penawaran khusus untuk produk dan layanan yang menurut kami Anda sukai.

Kami dapat membagikan data Anda dengan pihak ketiga yang ditunjuk oleh kami sebagai klien, mitra, vendor, dan/atau pihak lain yang relevan dengan organisasi Aplikasi ("Pihak Ketiga") untuk memproses Data yang Dikumpulkan, untuk tujuan keberhasilan pelaksanaan Tujuan, termasuk dalam pengawasan, komunikasi, kepatuhan terhadap peraturan, dan pemasaran kepada Anda. Kami memastikan bahwa penerima data Anda terikat oleh perjanjian kerahasiaan yang ketat dengan kami dan tindakan lain yang diwajibkan oleh hukum yang berlaku.

Terlepas dari hal tersebut di atas, kami juga berhak mengungkapkan Data yang Dikumpulkan Anda kepada pihak berwenang yang relevan (termasuk, namun tidak terbatas pada, kepolisian, pihak berwenang yang diamanatkan oleh hukum, atau sebagaimana diwajibkan oleh perintah pengadilan atau lembaga pemerintah) atau entitas terkait lainnya jika kami anggap perlu untuk salah satu dari tujuan berikut: i) mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku; ii) menyelidiki potensi kasus penipuan atau kegiatan melawan hukum; atau iii) melindungi merek, reputasi, atau aset kami.

Bagaimana kami menyimpan data Anda, dan hingga berapa lama? Perusahaan kami menyimpan data Anda secara aman di server khusus dengan keamanan tinggi dan kami lakukan pengamanan kepada data Anda untuk memastikan keamanannya.

Sehubungan dengan Data yang Dikumpulkan lainnya, kecuali yang disebutkan di atas, Kami hanya menyimpan data Anda selama kami membutuhkannya untuk alasan kami mengumpulkannya (sebagaimana dinyatakan di atas). Kami mungkin menyimpannya lebih lama jika diwajibkan oleh hukum atau jika Anda telah memberi kami izin. Jika kami memiliki kontrak dengan Anda, kami akan menyimpan data Anda hingga kontrak berakhir. Jika kami menggunakan data Anda untuk kebutuhan bisnis kami, kami akan menyimpannya selama kebutuhan tersebut berlanjut.

Kami akan menghapus data di atas setelah 5 (lima) tahun Anda berhenti menggunakan Layanan, atau segera atas permintaan Anda sebagai subjek data untuk menghapus Data yang Dikumpulkan.

Pemasaran

Dengan menggunakan Layanan kami, Anda menyetujui untuk menerima komunikasi dari kami dan/atau Pihak Ketiga kami, sebagaimana dinyatakan di bagian “Bagaimana kami akan menggunakan data Anda?” di atas, termasuk komunikasi promosi dan komunikasi lainnya. Untuk berhenti menerima komunikas dari kami, Anda dapat menghubungi kontak kami yang kami cantumkan di bagian di bawah ini.

Hak-hak yang Berhubungan dengan Pelindungan Data Anda

Perusahaan kami ingin memastikan Anda sepenuhnya mengetahui semua hak perlindungan data Anda. Setiap pengguna berhak atas hal-hal berikut:

  • Hak untuk mengakses - Anda berhak meminta Perusahaan Kami untuk memberikan salinan data pribadi Anda. Kami mungkin mengenakan sedikit biaya untuk layanan ini. Anda juga berhak untuk mengetahui siapa kami, yang detailnya dapat Anda lihat di situs web kami.
  • Hak untuk perbaikan - Anda berhak meminta Perusahaan Kami untuk memperbaiki informasi apa pun yang Anda yakini tidak akurat. Anda juga berhak meminta Perusahaan Kami untuk melengkapi informasi yang Anda yakini tidak lengkap.
  • Hak untuk menghapus - Anda berhak meminta Perusahaan Kami untuk menghapus data pribadi Anda yang tidak relevan dengan tujuannya, dalam kondisi tertentu.
  • Hak untuk membatasi pemrosesan - Anda berhak meminta Perusahaan Kami untuk membatasi pemrosesan data pribadi Anda, dalam kondisi tertentu.
  • Hak untuk menolak pemrosesan - Anda berhak menolak pemrosesan data pribadi Anda oleh Perusahaan Kami, dalam kondisi tertentu.
  • Hak atas portabilitas data - Anda berhak meminta Perusahaan Kami untuk mentransfer data yang telah kami kumpulkan ke organisasi lain, atau langsung kepada Anda, dalam kondisi tertentu.
  • Hak untuk menarik persetujuan - Anda dapat menarik persetujuan Anda kapan saja dengan menyesuaikan pengaturan akun Anda atau menghubungi tim dukungan kami. Harap diperhatikan bahwa penggunaan hak ini dapat mengakibatkan Anda tidak dapat mengakses Layanan.
  • Hak untuk menolak pemrosesan otomatis - Anda berhak untuk meminta kami agar tidak membuat keputusan yang hanya didasarkan pada pemrosesan otomatis tentang Anda.
  • Hak atas informasi pemrosesan - Anda memiliki hak untuk mendapatkan informasi yang jelas dan transparan tentang bagaimana kami mengumpulkan dan menggunakan informasi pribadi Anda

Tentang Cookie

Cookie adalah file teks kecil yang disimpan di komputer atau perangkat Anda saat Anda mengunjungi situs web. Cookie berisi informasi tentang interaksi Anda dengan situs web dan mengaktifkan berbagai fungsi.

Bagaimana kami menggunakan cookie dan cara mengelolanya?

Untuk meningkatkan pengalaman browsing Anda di situs web kami, kami menggunakan cookie yang memungkinkan kami untuk mengenali Anda dan menyimpan preferensi yang Anda pilih sebelumnya. Ini mungkin termasuk bahasa pilihan Anda dan membuat Anda tetap masuk. Anda dapat mengatur browser Anda agar tidak menerima cookie, dan situs web di atas memberitahu Anda cara menghapus cookie dari browser Anda. Namun, dalam beberapa kasus, beberapa fitur situs web kami mungkin tidak berfungsi sebagai akibatnya.

Langkah keamanan dan pemberitahuan insiden data pribadi

Data Anda akan disimpan di server yang aman di wilayah Indonesia. Kami menerapkan langkah - langkah pencegahan seperti pengujian keamanan untuk memastikan keamanan data Anda. Kami menerapkan keamanan fisik dan logis yang ketat di fasilitas pemrosesan data, termasuk mengikat personel yang terlibat dengan perjanjian kerahasiaan yang ketat. Jika terjadi insiden data yang tidak diinginkan, kami diharuskan memberi tahu Anda dalam waktu 3x24 jam sejak insiden, waktu insiden, dan langkah-langkah yang diambil untuk memperbaiki insiden tersebut.

Kebijakan privasi situs web lain

Layanan Perusahaan kami berisi tautan ke situs web lain dan menggunakan layanan Pihak Ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada pemrosesan pembayaran. Kebijakan privasi kami hanya berlaku untuk Layanan kami, jadi jika Anda mengklik tautan ke situs web lain maupun menggunakan fitur yang disediakan oleh Pihak Ketiga, Anda harus membaca kebijakan privasi mereka.

Perubahan pada kebijakan privasi kami

Perusahaan kami secara berkala meninjau kebijakan privasi dan menempatkan pembaruan apa pun di halaman ini. Kebijakan privasi ini terakhir diperbarui pada 2 Oktober 2025.

Cara menghubungi kami

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kebijakan privasi Perusahaan kami, data yang kami simpan tentang Anda, atau Anda ingin menggunakan salah satu hak perlindungan data, Anda dapat menghubungi kami melalui alamat email cs@magentaku.id. Kami memiliki waktu 3 x 24 jam untuk menanggapi permintaan Anda untuk menggunakan salah satu hak perlindungan data Anda.

Kemana Harus Mengajukan Keluhan

Bilamana terjadinya pelanggaran atas hak-hak Anda dalam aktivitas pemrosesan data, Anda berhak mengajukan keluhan kepada lembaga pengawas pelindungan data pribadi.