Curriculum Vitae

Muhammad Dzaky Rafliansyah
Saya memiliki pengalaman dalam riset pasar, analisis bisnis, dan pengembangan strategi yang dikombinasikan dengan kepemimpinan tim. Pernah terlibat di proyek intensifikasi produk dan akuisisi merchant yang memperkuat jaringan retail di Malang, serta memimpin peluncuran MVP edutech TemuDataku. Berfokus pada mengubah insight menjadi strategi nyata untuk pengembangan bisnis B2B maupun B2C.
Desember 2023
Universitas Brawijaya
S1 • Ekonomi Pembangunan • IPK 3.8
Mei 2025 - Juli 2025
Asisten Cabang
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk • Magang
Selama magang, saya memperoleh eksposur luas terhadap dinamika bisnis riil melalui analisis transaksi nasabah, administrasi kredit, serta program pengembangan produk dan jaringan retail. Peran saya mencakup:
● Melakukan monitoring transaksi dengan analisis YoY, YtD, dan MtD untuk memberikan insight terhadap kinerja cabang.
● Mendukung administrasi kredit, mulai dari verifikasi dokumen hingga memastikan proses sesuai ketentuan internal.
● Berpartisipasi dalam project intensifikasi produk di level area, termasuk akuisisi merchant dan peningkatan transaksi ritel.
● Terlibat dalam kegiatan berbasis komunitas di Kota Batu dan Malang, menjangkau mantan imigran dan pelaku usaha lokal sebagai calon nasabah potensial. Kegiatan ini ditujukan untuk memperkuat jaringan retail area dengan fokus pada daerah dengan potensi transaksi tinggi.
● Mendukung tim Relationship Manager dalam kunjungan nasabah untuk memahami kebutuhan mereka sekaligus meningkatkan engagement.
Media
Maret 2025 - Juni 2025
Product Researcher Intern & Project Lead
TemuDataku • Magang
Sebagai product researcher, saya menginisiasi ide branding project melalui peluncuran MVP TemuDataku yang diterima stakeholders dan dijadikan prioritas utama (menggantikan ide lain). Dalam prosesnya, saya:
● Melakukan market research edutech melalui data sekunder (Google Trends, benchmarking kompetitor, laporan industri) serta data primer (in-depth interview calon pengguna).
● Menyusun release plan dan product requirement document yang disesuaikan dengan resource organisasi, lalu diadopsi penuh oleh stakeholder dan masih dijalankan hingga kini.
● Memimpin project launching dengan format hybrid classes (2 kelas dalam 1 minggu) sebagai brand activation TemuDataku
● Meraih skor kepuasan audiens untuk project sebesar 4.4/5.0 dengan 98% feedback positif.
● Mengkoordinasikan strategi marketing sehingga menarik lebih dari 200 registran.
● Memimpin komunikasi internal tim untuk menjamin struktur kelas dipahami peserta.
● Membangun sistem pelacakan lintas tim (spreadsheet untuk deliverables, stakeholders, dan PIC) sehingga semua OKR (marketing, pre-event, post-event) tercapai dengan 99% ketepatan waktu.
Media
November 2024 - Maret 2025
Ketua Divisi Product Research
PT Tumbuh Global Indonesia • Magang
Pada jabatan ini, peran aktif yang dilakukan adalah menerapkan kepemimpinan untuk mendireksi arah riset produk. Adapun detail dari hal tersebut sebagai berikut:
● Memimpin sprint riset inisiasi produk terdiri atas analisis 8 kompetitor dengan capaian berupa meningkatkan efektivitas analisis sebesar 20% dengan menyusun alur kinerja terstruktur, menentukan scope dari kompetitor, dan pertanyaan bisnis secara jelas.
● Merekomendasikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti dengan melakukan sintesis dari riset, menyusun laporan berdasarkan analisis SWOT dan strategi inisiasi produk dengan menerapkan prinsip Design Thinking.
● Melakukan inisiasi untuk menyediakan intermediate report selagi menyusun laporan riset final, langkah praktis penerapan metode agile dalam proyek riset inisiasi produk. Hal ini meningkatkan efektivitas kinerja departemen produk sebesar 10% dengan memungkinkan departemen untuk mengambil langkah cepat berdasarkan data.
Media
Oktober 2023 - Januari 2024
Data Intern: Fungsi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik
Badan Pusat Statistik Kota Malang • Magang
Terdapat beberapa kegiatan beserta capaian selama proses kegiatan:
● Melakukan survei sosio-ekonomi ke +100 warga pada proyek Kelurahan Cinta Statistik beserta memimpin tim untuk pembuatan dashboard hasil survei. Hasil tersebut dipresentasikan kepada Lurah Kelurahan Purwantoro, Kota Malang.
● Melakukan entri dan tabulasi data seperti data harga-harga hotel dan produksi perkebunan di Kota Malang menggunakan microsoft Excel.
● Melakukan editorial publikasi statistika, yakni Indikator Kesejahteraan Rakyat Kota Malang 2023 dan Statistik Daerah Malang 2023, menggunakan microsoft Word
Media
April 2025
Short-Course on Management Strategy: Positioning, Competition and Strategy
Pacmann AI • https://sertifikat.pacmann.ai/mS0kGBUPwBk10EP
Kursus membahas bagaimana strategi bisnis untuk menghadapi persaingan produk dan pasar yang semakin ketat.
Media
Januari 2025
Sertifikasi Pemasaran Digital
Badan Nasional Sertifikasi Profesi • 73100 1221 3 0000142 2025
Kursus singkat 3 hari terkait upaya komunikasi & pengiklanan digital, riset pasar, mengelola, hubungan dengan klien, dan merancang strategi pemasarn produk sesuai kebutuhan pelanggan.
Media
September 2024
AI Programming with Python
Udacity • www.udacity.com/certicate/e/a72b1a 8a-2dce-11ef-a90c-97a44ecdb905
Merupakan pelatihan kemampuan dasar mengembangkan Kecerdasan Buatan dengan Python. Adapun kemampuan meliputi kalkulus dan aljabar linear dasar, penggunaan Python untuk pengembangan proyek, membangun Kecerdasan Buatan reliabel dengan Python.
Media
Mei 2024
1st Place of Ecotion Fair 2024 (Essay Branch)
HiMa Departemen Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang • 135/UN35.3.7.2/HMD-PE/2024
Media

Desember 2023
1st Place of Case Competition Foreign Policy Assembly 2023
FPCI Chapter Universitas Brawijaya • 0
Media
